Wanita Kampung
wanita penikmat perjalanan, mari berbagi dalam kesederhanaan

Kamis, 21 Agustus 2014

Menyisir Kali Oyo dan Goa Pindul Yogyakarta

By on 09.34

1403343960409402261

Dok.Pri. Sungai Oyo
Akhir tahun kemarin saya beserta rombongan rekan satu kantor melakukan jelajah wisata ke kota Solo. Niat awal memang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada dikota Solo. Seperti Tawangmangu, pasar klewer, keraton solo dan lain sebagainya.   Tulisan tentang Solo akan saya tulis terpisah nantinya.  Naik kereta ekonomi Pasar Senen-Solo Jebres cuma 65ribu. Murah kan.

Nah sampai di Solo kami sudah menyewa mobil. Untungnya kami bawa serta seorang sopir kantor untuk nyopirin dan juga sebagai penunjuk  jalan.  Sehabis mandi sebentar di salah satu hotel Solo kami langsung cabut cari makan lanjut  bablas ke Yogyakarta. Kata si sopir ada wisata menarik di Wonosari yaitu Goa Pindul. Lagian sopir kami sudah punya kenalan jadinya kami ngikutin aja.

1403346065692031492

Dok. Pri. Foto bersama tim ^_^
Lokasi goa pindul terletak di Bejiharjo. Menurut sumber www.goapindul.com berikut ini adalah rute dan lokasi wisata cave tubing goa pindul, semoga memudahkan anda untuk datang ke sini.

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) - Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul.

14033457791166595397
Dok.Pri. Siap-siap memakai peralatan yang disediakan pengelola

Sesampainya dibejiharjo kami tidak langsung menuju Goa Pindul  tapi  menuju sungai oyo yang ada disekitar lokasi.  Kita bisa menyusuri kali atau sungai oyo dengan menggunakan ban yang ditarik oleh pemandu. Atau biasa orang nyebutnya Oyo RiverTubing. Disini juga harus mendaftar paketnya (peralatan, antar jemput dan pemandu) . Setelah mendaftar para peserta akan diberikan pelampung, ban dan juga sepatu pelampung.Sungai Oyo sendiri cukup menarik karena disisi kanan kirinya banyak  bebatuan jadi serasa di green canyon tapi dalam versi yang mini hehe..lah memang bebatuanya ga tinggi-tinggi amat. Tapi menarik loh.
Setelah semua peralatan lengkap dipakai kami menuju ke sungai oyo naik mobil bak terbuka. Jalananya memang bukan jalan umum. Lebih ke jalan persawahan yang banyak kerikil dan batu yang membuat mobil bergoncang. Pegangan yang erat yak :)  yang bawa kamera mesti hati-hati takut kecebur. Biar lebih aman bawanya dibungkus pake plastik kedap air.

1403346419259724679

Dok.Pri. Tim siap bertempur hihi...
Hampir satu jaman menyusuri sungai oyo, sampailah diujung yang ada warung makan kecil dengan spanduk yang kadang bisa mengecoh pengunjung. Tulisan spanduknya, Makan gratis sepuasnya bayar di Pos pemberangkatan. Ya iyalah kan semua peserta pasti tidak bawa dompet karena semua tidak boleh bawa tas dan sebagainya. Apalagi tulisan makan gratisnya gede banger terus bayar di pos pertman itu yang kecil :) .

Di Pos ujung kami dijemput mobil bak terbuka lagi menuju pos pertama. Dan kami cuma menyerahkan ban lalu dipandu ke Goa Pindul. Menuju goa pindulnya jalan kaki saja karena memang lokasinya dekat dengan pos pertama.  Oh ya jangan lupa ya bawa baju lebih untuk basah-basahan. Tidak seperti kami yang cuma bawa sedikit. Kami harus membeli disekitar lokasi. Dari kaos dan celana traning harganya bekisar 25-60 ribu.

14033468982034228857

DOk.Pri. Bagi yang ingin terjun bebas dari atas tinggal ngomong sama pemandu saja...
Sebelum memasuki goa pindul kami mendapatkan pengarahan  dari pemandu,  bahwa peserta dilarang bicara atau ngobrol. Karena dinding-dinding gua akan memantulkan suara sehingga bergema dimana-mana. Pemandu akan menjelaskan tentang detail tentang goa pindul itu dan juga tentang ilmu stalakmit dan stalagnit. Haduh...lupa saya tentang pelajaran ini :)  . Dan jeleknya kami tidak begitu jelas mendengar penjelasan  pemandu karena pas hari libur jadi pengunjung yang datang banyak  sekali. Per rombongan dipandu oleh beberapa pemandung yang sedang menjelaskan tentang gua. Suaranya jadi tidak jelas karena gema dari pemandu didepan dan dbelakang saling bersahutan.

1403347593592195938

Dok.Pri. Mulut Goa Pindul
Dan kata pemandunya lagi, jika masuk ke goa pindul pada pagi hari maka pemandangan didalam bagian  salah satu goa yang ada lobang keatas akan muncul siluet cahaya yang masuk ke goa dengan cantiknya. Kita juga  bisa naik dibebatuan tapi harus hati-hati karena licin. Dan jika dalam gua bawalah kamera yang memang dikhususkan untuk suasana gelap gulita karena kita bisa dengan jelas melihat stalakmit dan stalagnit dalam gua. Setelah menuju mulut  keluar goa, bisa berenang sendiri tanpa ban. Bisa puas-puasin main air dah.
Setelah selesai menyusuri ke goa pindul dan sungai oyo kami langsung menuju ke Angkringan Malioboro untuk makan malam lalu balik lagi kehotel di Solo :)

14033489791576217449

mamasuki mulut goa pindul

14033493061964468087

Jika dipagi hari ada siluet sinar yang masuk ke gua dengan cantiknyaa...

14033495261033544093

Tak lupa, kaki ingin bernarsis juga :)